2 Dampak Bermain Game Online Pada Perilaku Sosial Remaja

Dampak bermain game online
Dampak bermain game online

2 Dampak bermain game online pada perilaku sosial remaja – Bermain game online ternyata tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, melainkan juga oleh para remaja. Nah, suka bermain game online secara berlebihan inilah yang kemudian menimbulkan rasa candu yang bisa membawa akibat buruk bagi kesehatan seseorang.

Ada banyak sekali dampak yang bisa didapatkan oleh seorang pemain game online yang notabenenya sudah merasa ketagihan bermain game. Dampak ini bisa dirasakan oleh pemain bahkan berakibat bagi lingkungan sekitarnya.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari bermain game online terhadap perilaku sosial remaja yang bisa saja terjadi. Hal ini diakibatkan oleh kecanggihan teknologi yang membuat game online memiliki berbagai fitur yang lebih canggih sehingga membuat game online bisa dimainkan dengan lebih mudah dan menarik.

Lupa Akan Waktu

READ  League of Legends, MOBA Alternatif  Justru Menjadi Yang Terbaik

Dampak bermain game online pada perilaku sosial remajayang pertama adalah dimana remaja tersebut akan mulai lupa akan waktu. Seorang remaja yang sudah mulai kecanduan bermain game online akan terus bermain hingga menghabiskan waktunya seharian hanya untuk bermain game.

Bahkan, remaja yang sudah ketagihan bermain game online akan bermain hingga larut malam. Hal ini tentunya akan membuat para pemain game menjadi semakin malas untuk mengerjakan tugasnya dan mengikuti pelajaran karena sudah merasa ngantuk akibat bermain game online hingga larut malam.

Sebenarnya bermain game online ini diperbolehkan, asal pemainnya juga bisa membagi waktu ketika bermain game. Selain itu, bermain game online juga diperbolehkan asal tidak merugikan orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Kurangnya Sosialisasi

Hal yang perlu Anda ketahui dalam bermain game online pada perilaku sosial remajaadalah kurangnya bersosialisasi dengan orang lain. Dimana seorang remaja yang sudah kecanduan game online akan lebih memilih berdiam diri di kamar dari pada harus bersosialisasi dengan orang lain di luar sana.

READ  5 Game Anak Offline di Android  Yang Paling Rekomended

Remaja yang sudah ketagihan bermain game online juga akan kekurangan teman dimana waktunya dihabiskan untuk bermain game di dalam kamar atau rumah dari pada memilih untuk bermain game bersama teman di luar.

Hal inilah yang cenderung membuat seorang remaja kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya bahkan merasa antisosial karena sudah terlalu fokus terhadap permainannya tersebut.

Kehadiran game online ini tentu saja membawa dampak ketika bermain game pada perilaku sosial remajasecara positif maupun negatif, semua tergantung dengan bagaimana Anda menyikapi hal tersebut.

Ada banyak sekali dampaj negatif yang dihasilkan dari rasa candu akibat bermain game online, baik secra fisik maupun secara psikis. Hal ini diakibatkan dari remaja yang menganggap bahwa bermain game online merupakan sebuah hiburan yang bisa dilakukan ketika sedang merasa jenuh.

READ  Bagi Anda Suka Hal yang Menantang Ini Game Khusus Bertarung

Teori ini bahkan sudah sangat menjamu di tengah masyarakat tanpa banyak yang menyadari akan adanya perubahan yang bisa diakibatkan dari bermain game online tersebut. Perubahan ini bisa terlihat dari segi komunikasi maupun interaksi sosial yang terjadi di lingkungan sekitar.

Dimana masyarakat seakan dituntut untuk mengikuti tren yang ada tanpa mempertimbangkan risiko yang bisa terjadi setelahnya. Kehadiran game online ini tentunya membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan pribadi seseorang, bahkan mempengaruhi kemampuannya dalam beradaptasi.

Inilah beberapa dampak bermain game online pada perilaku sosial remajayang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda sehingga tidak ada lagi remaja yang merasakan dampak negatif akibat kecanduan game online.

You May Also Like

About the Author: Admin