6 Bahaya Kecanduan Game Online Pada Anak

bahaya kecanduan game online
bahaya kecanduan game online

6 bahaya kecanduan game online pada anak – Bermain game memang sangat menyenangkan jika dilakukan ketika sedang menghabiskan waktu luang. Bermain game juga bisa menghilangkan rasa penat atau bosan sewaktu menunggu. Terlebih lagi jika bermain dengan teman, rasanya akan jauh lebih menyenangkan.

Game online pun kini hadir dalam berbagai pilihan. Game yang bisa Anda pilih mulai dari puzzle, game atraksi, dan masih banyak lagi lainnya. Game ini juga disertai dengan animasi yang menarik, serta melatih kerjasama untuk saling berkompetisi dengan pemain lainnya.

Selain itu, permainan ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik sehingga mampu memicu rasa adiksi atau kecanduan. Bahkan, WHO sendiri sudah menetapkan kecanduan game online ini sebagai sebuah gangguan mental.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka dampaknya pun tidak akan baik untuk kesehatan. Berikut ini akan disebutkan beberapa bahaya kecanduan game online yang terjadi pada anak pada khususnya.

READ  Game Online Moba Android Terbaik dan Terpopuler yang Cocok Untuk Anda Mainkan

Kekurangan Vitamin D

Salah satu bahaya akan rasa candu atau adiksi yang ditimbulkan dari bermain game online adalah dimana anak akan lebih senang untuk menghabiskan waktunya di dalam kamar dengan bermain game. Jika begitu, anak pun akan jarang terpapar sinar matahari yang mana sangat kaya akan vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

Padahal, sinar matahari merupakan salah satu stimulasi dari vitamin D yang paling alami bagi tubuh. Tentunya hal ini sangat bermnafaat bagi kesehatan tubuh sang anak, sehingga anak pun tidak akan mudah terjangkit penyakit.

Timbul Nyeri Otot

Bahaya kecanduan game online selanjutnya adalah dimana ketika anak bermain game dengan durasi yang lama bisa menyebabkan myeri pada otot. Hal ini diakibatkan tubuh yang dipaksa untuk tetap berada pada posisi tertentu tanpa adanya peregangan. Padahal, saat itu otak sedang dalam posisi yang tegang akibat terpacu adrenalinnya.

READ  2 Dampak Bermain Game Online Pada Perilaku Sosial Remaja

Masalah Penglihatan

Bermain game terlalu lama juga bisa menyebabkan timbulnya masalah pada indra penglihatan. Hal ini diakibatkan oleh lamanya mata yang terpapar oleh radiasi yang dihasilkan dari layar ponsel Anda.

Sementara itu, paparan yang terjadi terus menerus ini akan berakibat buruk bagi kesehatan retina mata. Meskipun memang dampaknya tidak bisa langsung terasa, namun hal ini tentu akan berdampak pada jangka waktu yang panjang.

Game Online Memicu Insomnia

Bermain game online juga bisa membuat anak menjadi lupa waktu. Bahkan, anak rela untuk tidak beristirahat hanya untuk bisa bermain game. Hal ini juga bisa menjadi pemicu akan bahaya kecanduan game online yang mana waktu tidur pun akan berkurang sehingga bisa menimbulkan insomnia.

Perubahan Bentuk Tubuh

Bermain game online juga bisa membuat pemainnya lupa akan berolahraga. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap adanya perubahan bentuk tubuh. Dimana ada pemain game yang terlihat semakin kurus karena kurangnya asupan makanan, ada juga yang obesitas karena bermain game sambil terus makan.

READ  Apa Saja Game Barbie Memasak di Android? Simak Ulasannya

Pemicu Sindrom Quervain

Dampak negatif terakhir dari bermain game online ini adalah bisa menyebabkan timbulnya sindrom quervain. Sindrom quervain merupakan salah satu kondisi dimana terjadi sebuah kelainan yang disebabkan oleh peradangan pada tendon.

Kondisi ini bisa dipicu oleh gerakan tangan yang dilakukan secara berulang seperti halnya orang sedang bermain game. Kondisi ini bisa semakin memburuk bahkan membuat penderitanya tidak bisa memutar pergelangan tangannya karena rasa sakit yang sangat.

Demikianlah beberapa bahaya kecanduan game online yang biasanya sering terjadi pada anak yang sudah mengalami adiktif akut. Semoga penjelasan diatas bisa menambah pengetahuam Anda dan bisa bertindak tegas untuk membatasi anak bermain game online.

You May Also Like

About the Author: Admin